Destinasi Wisata Nusa Tenggara Timur

pantai nembralapantai nembrala 02

Pantai Nembrala

Obyek wisata yang terletak di desa Nemberala, Kecamatan Rote Barat adalah sebuah kawasan pantai selancar, yang berada Di Pulau Rote. Wisata Bahari yang menantang dalam gulungan ombak pantai Nembrala . Menempatkan Pantai Nembrala, sebagai salah satu arena pelaksanaan lomba selancar bertaraf internasional

 

patung jenderal sudirman

Patung Jenderal Soedirman

Patung ini didirikan di Pulau Ndana sebagai monumen pada titik terselatan (pulau terluar) Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang diresmikan pada tahun 2011 lalu. Berjarak + 35 km dari kota Ba’a menuju pelabuhan tradisional Oeseli/Nemberala, perjalanan dilanjutkan dengan speedboat dalam waktu + 1 jam.

rumah tua raja thie

rumah tua Raja Thie

Salah satu Rumah Raja yang berusia 80 tahun yang masih dijaga keasliannya hingga sekarang dan terletak di dusun Tuasu’uk, Desa Oebafok, Kec. Rote Barat Daya, ± 14 km dari kota Ba’a. Dapat ditempuh dalam waktu + 20 menit dengan kendaraan.

tiang bendera

Tiang Bendera

Obyek Wisata ini terletak di Desa Baadale, Kec. Lobalain, Kabupaten Rote Ndao dan mempunyai kemiripan dengan Tanah Lot di Bali di mana ketika air laut surut maka kita dapat berjalan kaki menuju batu yang di atasnya terdapat Tiang Bendera yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1942. Tugu tersebut masih dalam keadaan kokoh walaupun umur bangunannya mencapai 60 tahun. Berjarak + 5 km dari kota Ba’a dan dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor + 10 menit.

pantai boa 02 pantai boa

Pantai Bo’a

Adalah obyek wisata bahari yang sangat cocok untuk surfing karena ombaknya sangat mendukung serta keindahan panorama pasir putihnya. Obyek wisata ini terletakdi Kecamatan Rote Barat, kira kira sekitar 7,5 km dari kota kecamatan.

mandoo  tangga 300 mandoo tangga 300 02

Mandoo : Tangga 300

Obyek Wisata Mando berada di Desa Kuli Kec. Lobalain, merupakan Obyek Wisata Panorama Alam. Untuk sampai ke lokasi dibutuhkan waktu tempuh + 35 menit dari kota Ba’a dengan menggunakan kendaraan bermotor. Obyek Wisata yang dapat dinikmati adalah panorama alam indah dan fantastis. Untuk mencapai puncak lokasi tersebut harus menaiki 300-an Anak Tangga. Obyek wisata ini mempunyai luas 30000 m2 , terletak di Desa Kuli, Kecamatan Lobalain. Obyek wisata ini menyuguhkan pesona pantai dan wisata alam yang sangat indah serta deretan tangga tangga dan lopo.

laut mati

Laut Mati

Obyek Wisata ini terletak di desa Sotimori Kec. Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao. Jarak yang ditempuh dari ibukota kabupaten ke daerah ini memakan waktu 90 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Laut Mati merupakan Obyek Daya Tarik Wisata yang sangat menyenangkan apabila kita menggunakan jet ski mengelilingi pulau-pulau kecil yang berada di dalamnya. Obyek Wisata ini memiliki keunikan antara lain pasirnya berasal dari kulit kerang (keong). Ikan yang hidup di dalamnya adalah ikan mujair (ikan air tawar). Berjarak + 65 km dari kota Ba’a dan dapat ditempuh dalam waktu + 1 jam 30 menit.

 

 

kantor bupati rote ndao

Kantor Bupati Rote Ndao

Selain sebagai pusat pemerintahan, Kantor Bupati juga merupakan salah satu Obyek Wisata yang perlu disinggahi karena memiliki bentuk bangunan yang unik pada bagian atapnya yaitu berupa Ti’ilangga, topi khas orang Rote.

 

istana raja rote

Istana Raja Rote

Objek Wisata ini terletak tepat di jantung kota Ba’a yaitu di Kelurahan Namodale, Kec. Lobalain dan merupakan salah satu bangunan peninggalan Belanda. Sekarang ini dijadikan Istana Raja Rote (Raja Kedoh).

 

geraja tua menggelama

Gereja Tua Menggelama

Gereja yang terletak di dalam kota Ba’a ini berumur lebih kurang 102 tahun dan merupakan peninggalan pada zaman penjajahan Belanda. Hingga kini keaslian fisik bangunan masih dipertahankan oleh masyarakat setempat.

 

danau merah

Danau Merah

Menurut cerita rakyat, dasar danau yang terletak di Pulau Ndana ini berwarna merah dikarenakan Nallesanggu membersihkan padang dan tubuhnya dari darah manusia setelah melakukan pembunuhan masal atas dasar balas dendam terhadap bapaknya yang bernama Sangguana yang dihukum mati oleh penduduk pulau ini. Hingga kini tidak ada lagi penduduk yang mendiami pulau tersebut kecuali pasukan TNI penjaga perbatasan. Berjarak + 35 km dari kota Ba’a menuju pelabuhan tradisional Oeseli/Nemberala dan dilanjutkan dengan speedboat dalam waktu + 1 jam.

 

danau biru

Danau Biru

Danau Biru teretak tidak jauh dari Danau Merah. Danau ini selain memiliki pemandangan yang indah juga merupakan tempat minum dari hewan rusa yang masih banyak terdapat di pulau ini. Untuk mencapai lokasi ini membutuhkan waktu tempuh selama 1 jam dari ibukota Baa dengan menggunakan kendaraan bermotor. Obyek Wisata yang dapat dinikmati adalah wisata pantai, selancar, jemur dan memancing.

 

batu termanu

Batu Termanu

Adalah obyek wisata yang terletak di desa Feapopi, Kecamatan Rote Tengah berupa panorama guratan-uuratan alam akibat abrasi gelombang laut yang terlihat jelas pada bagian tepian curam pada Batu Termanu ini makin memperindah panorama Batu Termanu ini. Terdapat 2 buah Batu Termanu, yaitu Batu Hun dan Batu Suelay, perairan yang berada di sekitar kawasan batu Termanu ini, sering dijadikan sebagai tempat penyelaman. Hal ini dikarenakan terumbu karangnya yang memiliki banyak variasi selain daya tarik wisata yang dimiliki batu Termanu ini, kawasan di sekitar Batu Termanu ini juga menjadi tempat berkembang biaknya populasi ikan karapu.

Pengembangannya sebagai potensi bisnis mungkin menjadi daya tarik lain, selain sebuah lokasi pemancingan yang memiliki banyak peminat, baik pemancing lokal, atau pendatang yang mungkin memiliki hobby memancing.

batu termanu 02Menurut legenda rakyat yang berkembang dikalangan masyarakat Rote Ndao, yang menceriterakan asal usul Batu Termanu ini.diyakini bhwa Batu Termanu adalah sebuah batu besar yang berasal dari Kepulauan Di Maluku, yang dapat berpindah-pindah lokasinya sampai suatu ketika batu ini tiba di Rote dan menetap ditempatnya sekarang. Keyakinan tentang riwayat Batu Termanu sebagai sesuatu yang sakral dan mengandung nilai magic tergambar dengan adanya ritual meminta hujan yang diadakan di sekitar kaki Batu Termanu.

 

 

Leave a comment